Kamis, 29 November 2012

INFO TOKOH MUSIK


W.A Mozart
MOZART adalah komponis kelahiran Jerman, tetapi besar di Austria.Mozart lahir tanggal 27 Januari 1756 di Salzburg, Jerman, dari keluarga pemusik. Opera pertamanya, La Finca Semplice dibuat tahun 1768.

Ki Narto Sabdo
Ki Narto Sabdo adalah tokoh musik daerah dari semarang.Ki Narto Sabdo merupakan tokoh dalang legendarisyang banyak menjadi panutan dalang dalang muda di Indonesia.Ia juga merupakan pemrakarsa lakon barudalam pedalangan, seperti lakon banjaran.Tembang tembangJawa yang telah diciptakan , misalnya Gambang Suling, Praon, Sripat Sripit, dan Lesung Jumengglung lewat karawitan Condhong Raos yang dipimpinnya.

Iwan Fals
Iwan Fals yang mempunyai nama asli Virgiawan Listianto banyak menciptakan lagu yang sangat populer di masyarakat, khususnya anak anak muda. Selain itu , ia juga dikenal sebagai wakil rakyat yanglantang menyuarakan suara hati wong cilik. Sepanjang kariernya, ± 20 tahun ia memiliki penggemar yang dekat dengan kemiskinan, ketidakadilan, dan pengangguran.lagu lagunya kerap dihubungkan dengan protes protes sosial. Lagunya yangterkenal berjudul Umar Bakri (1981) dan Bento (1991). Manurut majalah Time Asia edisi 29 April 2002, Iwan Fals mendapat julukan Pahlawan Besar Asia.

Bapak angklung
Bapak angkung kita yang bernama Daeng Sutisna. Daeng Sutisna merupakan seniman yang mengubah angklung dari tangga nada pentatonis menjadi diatonis.Selain daerah jawa barat, angklung diatonis juga berkembang di daerah banten. Di daerah banten,angklung diatonis dikenal dengan warna angklung gubrang, angklung sered, atau angklung buncis. dalam perkembangan terakhir, angklung menjadi seni yang cukup populer di kalangan masyarakat terutama dikalangan menengah atas. Dalam praktiknya, seni musik anglung berbentuk sebuah orkestra ( antara 30-60 personel ) yang biasadikonsumsi dalampenyambutan tamu dinas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar